Minggu, 04 Mei 2014

Anime yang Ingin dibuat Remake

           Wahhh sudah cukup lama tidak memposting di blog. Langsung saja, kali ini karena saya kangen sama anime-anime lawas atau anime yang dibuat dan ditayangkan sampai pada awal tahun 2000-an, maka saya akan membahas mengenai anime-anime lawas yang ingin dibuat versi REMAKE-nya. Tentu saja yang akan saya tulis ini adalah anime yang ingin dibuat remake versi saya, karena banyak sekali anime lawas yang memiliki jalan cerita yang bagus dan berbobot.
Pertanyaannya : Kenapa mau dibuat versi remake-nya, padahal kan masih bisa melihat anime yang telah dibuat dulu??? Beberapa alasan adalah :
  • KUALITAS GAMBAR. Kualitas gambar jaman dulu tidak sebagus sekarang. Kalau dulu kita sudah cukup puas dengan kualitas gambar yang seperti itu, itu karena teknologi jaman dulu dan sekarang sangat berbeda. Jadi apabila dibuat versi remake-nya tentu akan lebih memuaskan.
  • JALAN CERITA. Jalan cerita dari anime-anime lawas memang sudah bagus, namun untuk beberapa anime saya merasa lebih bagus jalan cerita pada manganya. Hal ini karena biasanya jalan cerita pada anime dibuat agar lebih menarik dari manganya, ceritanya bisa dikurangi atau ditambahi. Beberapa anime memang bisa terlihat lebih bagus, namun beberapa malah terasa lebih bagus cerita pada manganya daripada animenya.
  • PENIKMAT BARU. Penikmat baru disini maksudnya adalah para penyuka anime yang mungkin belum tahu atau belum melihat anime tersebut karena berbagai alasan, seperti karena dulu anime ditayangkan hanya lewat TV, maka mungkin sebagian belum sempat melihatnya baru mengetahui bahwa anime tersebut pernah ditayangkan. Selain itu, mungkin bagi para penikmat anime yang masih muda, karena waktu ditayangkan dulu mereka masih sangat kecil atau bahkan belum lahir.
Mungkin itu beberapa alasan saya menginginkan dibuatnya anime Remake.
            Contoh Beberapa ANIME yang juga Menuai Sukses Setelah Dibuat REMAKE-nya:

  • HUNTER X HUNTER. Tentunya sudah pada tidak asing lagi dengan anime yang satu ini. Anime ini sangat disukai karena keunggulan dalam jalan ceritanya. Anime ini dulu pertama kali dibuat sekitar tahun 1999, lalu juga pernah dibuat OVA pada tahun 2002. Dan terakhir dibuat dibuat remake-nya pada tahun 2011 sampai sekarang.
  • JOJO’S BIZARRE ADVENTURE. Sebenarnya bisa dikatakan bahwa ini BUKAN remake karena anime yang pernah dibuat adalah berupa Movie dan OVA. Jadi anime JoJo Part I dan II ( dibuat tahun 2012) berupa serial yang dibuat sebanyak 26 episode (Part I langsung dilanjutkan Part II), sedangkan yang satunya lagi dibuat dalam Anime Movie jadi tentu saja sangat jauh berbeda. Untuk anime JoJo Part III (dibuat tahun 2014) berupa serial yang direncanakan dibuat sekitar 24 episode ceritanya lebih mirip dengan yang ada di manganya, hal ini sangat berbeda dengan anime JoJo Part III versi OVA (OVA 1 dibuat pada tahun 1993-1994 sebanyak 6 episode dan baru dilanjutnya OVA 2 pada tahun 2000-2002 sebanyak 7 episode). Tentu saja anime JoJo’s Bizarre Adventure yang baru dibuat cukup sukses dan disukai banyak penggemarnya.
Itu hanya contoh anime yang dibuat remake-nya atau malah bisa dibilang baru dibuat animenya, mungkin masih ada lagi anime yang telah dibuat remake-nya dan sukses (masih banyak anime yang belum saya tonton).

          Selanjutnya adalah inti dari penulisan postingan ini. Langsung saja berikut beberapa anime yang ingin dibuat versi Remake-nya :

1.    YUYU HAKUSHO (salah satu anime favorit ane).
                Inti cerita pada anime ini adalah terletak pada turnamen dunia iblis yang diikuti oleh Yuusuke Urameshi dkk, . Anime ini cukup bagus dari segi cerita maupun karakternya yang tentu saja tidak berbeda jauh dengan karya lain dari sang mangaka Yoshihiro Togashi, Hunter X Hunter. Jadi tidak heran jika banyak karakter yang terlihat mirip dari kedua anime tersebut. Keunggulan lainnya adalah ada 2 karakter yang saya sukai, yaitu Hiei dan Kurama. Hiei adalah karakter yang terlihat keren walau dengan tubuh kecilnya, ia biasa bertarung menggunakan pedang, memiliki mata ketiga yang disebut jagan dan mempunyai jurus andalan berupa naga api hitam/ ungu. Sedangkan Kurama sebenarnya adalah rubah berekor 9 yang memiliki senjata utama berupa cambuk yang terbuat dari tangkai bunga mawar, ia juga memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai tumbuhan dunia iblis sebagai senjatanya.
                  Anime ini cukup sukses pada jamannya (dibuat tahun 1992-1994), namun tentu kualitas gambarnya jika dibandingkan sekarang, terasa cukup kurang (jika nostalgia lihat animenya) padahal dulu terasa cukup bagus gambarnya... beda jaman kali yaa. Selain anime TV juga dibuat anime OVA beberapa episode serta Anime Movie sebanyak 2 . Jadi pasti bakalan menarik jika dibuat versi remake-nya.

2.    ZATCH BELL - KONJIKI NO GASHBELL.
                  Anime yang bercerita tentang pertarungan 100 anak iblis dalam game menentukan raja dunia iblis selanjutnya ini sangat menarik, namun saya merasa animenya kurang terkenal. Mungkin karena belum pernah ditayangkan di TV Indonesia, saya sendiri bahkan baru tahu setelah membaca manganya. Anime ini cukup penuh nuansa komedi yang lucu, dimana ada beberapa karakter yang memang bebar2 konyol sifatnya. Akan tetapi bila sudah pertarungan, bisa menjadi serius, menegangkan dan penuh strategi.
                   Ide ceritanya agak mirip dengan The Law of Ueki, tapi ini mengenai anak2 iblis yang imut. Jalan ceritanya sangat menarik dimana manganya sendiri  bahkan mencapai 33 Volume. Namun apabila melihat pada anime yang telah dibuat dulu yaitu pada tahun 2003-2006 , jujur saya agak kecewa dan lebih suka versi manganya. Jadi saya berharap agar Zatch Bell ini dibuat anime remake-nya dengan cerita yang lebih mirip ke manganya dan bisa diselesaikan sampai tamat (mungkin dengan pertimbangan, ceritanya bisa dipadatkan jika dirasa terlalu panjang).

3.    SHAMAN KING
                  Shaman King menurut saya salah satu anime yang sangat bagus dan dari beberapa sumber yang saya baca mengenai anime yang ingin dibuat remake-nya, salah satunya yang paling banyak diinginkan adalah remake anime ini. Anime Shaman King pertama kali dibuat pada tahun 2001-2002 sehingga kualitas gambarnya berbeda dengan sekarang. Selain itu ceritanya sendiri agak berbeda dengan versi manganya dimana memang pada manganya dulu akhir kisahnya tidak terlalu jelas, akan tetapi beberapa tahun lalu sang mangakanya membuat rincian data book dan manga baru (mungkin lanjutan atau apa saya belum baca).
                  Jadi menurutku anime ini layak untuk dibuat remakenya daripada hanya membuat anime MOE atau apalah itu, dimana ceritanya yang cuma begitu2 saja (sudah terlalu2 banyak anime genre itu).


4.    RAVE MASTER - GROOVE ADVENTURE OF RAVE.
                  Salah satu karya mangaka Hiro Mashima sebelum Fairy Tail ini memiliki keunggulan dalam segi cerita dimana cerita berpusat pada petualangan Haru Glory dkk dalam mencari Rave dalam upaya untuk menciptakan kedamaian dunia. Yang kusuka dari Rave ini adalah perubahan pedangnya (yang tahu Erza dari fairy tail itu kekuatannya perkembangan dari pedangnya Haru, jadi tidak heran ada beberapa jurus yang mirip/ sama).
                  Seperti halnya Hunter X Hunter dengan YuYu Hakusho (yang dibuat oleh seorang yang sama), sifat maupun kekuatan yang dimiliki karakter Rave terdapat kemiripan dengan Fairy Tail. Dari segi cerita, jujur saya lebih suka Rave daripada Fairy Tail. Namun dari segi kemampuan dan pertarungan mungkin kurang memuaskan. Jadi apabila dibuat versi remake-nya saya harap adegan pertarungan dibuat lebih menarik lagi serta karena dulu anime tidak dilanjutkan sampai tamat maka saya sangat berharap bisa dibuat sampai episode terakhirnya. Animenya dulu dibuat pada tahun 2001-2002.


5.    SAMURAI X - ROROUNI KENSHIN
                    Anime legenda pada jamannya (kurasa). Siapa yang tidak tahu anime yang satu ini. Dengan tema samurai dimana sang tokoh utama terlihat cukup lugu bagi yang tidak mengenal namun saat bertarung ia benar2 menjadi orang yang berbeda. Animenya yang pertama dibuat pada tahun 1996-1998 (sudah lama ya). Dan belum lama ini dibut versi live actionnya (versi manusia) yang terbilang cukup sukses. Semoga saja akan dibuat anime remake-nya dalam waktu dekat.

1 komentar: