Selasa, 04 Juni 2013

Manga Berhenti Di "Tengah Jalan"

         Sudah sangat banyak manga yang telah diterbitkan dan kita baca. Berbagai tema dan cerita baru dimunculkan, sedangkan yang lainnya berakhir dengan suatu ending tertentu. Diantara manga2 tersebut, bahkan ada manga yang sudah sangat lama namun belum juga berakhir (misal One Piece,  Detective Conan, dll). Sebaliknya, ada beberapa manga yang berakhir di "tengah jalan" (tanpa ending, bila ada tidak jelas). Hal ini diakibatkan oleh adanya rating per pekan dari survei pilihan pembaca (di Jepang sana).
Dari  beberapa manga yang berakhir di "tengah jalan" tersebut, beberapa diantaranya sebenarnya cukup bagus dalam cerita atau perkembangan nantinya. Beberapa Manga shonen yang berhenti tersebut, diantaranya adalah :
1. Meteodo
        Manga yang satu ini cukup bagus (menurut saya), si tokoh utama, Toei adalah manusia yang terkena radiasi meteor sehingga ia memiliki kekuatan gravitasi namun dianggap berbahaya oleh manusia biasa sehingga ia hidup di daerah yang terpencil. Lalu ia bersama guru dan teman2nya berusaha melindungi kota dari makhluk2 yang terkena radiasi yang mengamuk di kota. Suatu saat ia bertarung dengan seorang manusia yang juga memiliki kekuatan dari radiasi, ia bisa meledakkan (kekuatan dari belerang). Selain itu juga ada orang yang memiliki kekuatan "fusion" atau menggabungkan benda ke tubuhnya. Ia bertemu dengan teman yang memiliki pedang black hole, lalu Toei diajak pergi dari kota untuk berpetualang dan ternyata disinilah akhir dari cerita manga Meteodo ini. Walaupun begitu manga ini sudah dikatakan memiliki banyak chapter (gak ingat berapa chapter, tapi pokoknya sudah 4 volume).

2. Anagle mole
        Manga Karya Fukuchi-sensei (author The Law of Ueki) ini cukup bagus dan menarik. bercerita tentang makhluk bawah tanah yang disebut Majin (sama seperti manusia) yang mengalami kesalahpahaman tentang manusia (diatas tanah) sebagai makhluk yang sangat buas dan kuat. hal ini karena cerita yang berkembang di antara mereka sejak lama yang berakibat mereka tidak berani muncul ke atas tanah. Sebenarnya mereka ingin sekali menguasai dunia manusia tersebut, mereka bahkan sangat kuat dengan masing2 majin memiliki kekuatan tertentu. Luchiru, si tokoh utama dikirim ke atas tanah untuk menjadi mata2 guna mencari tahu kelemahan manusia, memiliki kekuatan "memunculkan" atau "menghilangkan" bentuk Kotak pada benda, termasuk dirinya sendiri. kisah ini berhenti saat Luchiru berusaha membebaskan Chiwa (manusia) dari para majin di kota bawah tanah... saya tidak tahu apakah ceritanya akan dilanjutkan lagi atau tidak karena saya cari2 di internet manganya gak ada yang lanjut. Chapternya sudah lumayan banyak, 33 chapter.
      Kabar baik bagi yang menyukai manga anagle mole ini, lanjutan manganya barus saja rilis belum lama ini (chapter 34 - dst). Ternyata manga ini hiatus cukup lama diakibatkan oleh masalah kesehatan sang mangaka, jadi kalian bisa menikmatinya manganya kembali.
3. Buster keel
         Manga tentang kehidupan para manusia dan monster atau siluman ini cukup bagus dalam ide cerita, yaitu tentang monster Dragon-Monkey, Keel si tokoh utama yang menhadapi para monster lain dengan tujuan utamanya adalah mencari Siva si penakluk monster legendaris guna mengalahkannya. dari segi karakter cukup bagus, namun banyak yang bilang manga ini mirip dengan Fairy Tail. Lihat saja dari karakter utama yang memiliki rambut mirip Natsu, sedangkan nama belakang karakter Heroine-nya mirip dengan nama Lucy. Manga ini terbit dengan jangka waktu yang agak lama, namun stelah saya cari2 lagi tidak ditemukan kelanjutannya (walaupun sudah memiliki chapter yang lumayan banyak).
4. Takamagahara
         Manga ini saya pikir akan menjadi "battle manga" seperti One Piece atau Naruto (mungkin saja, hehe). Dari segi cerita atau pun karakter sangat bagus juga denga adanya kekuatan2 baru, namun entah kenapa Jump komik menghentikannya (kemungkinan ratingnya), padahal kelihatan bahwa manga ini cukup banyak yang menyukai. Manga ini berkisah tentang Yamada Yamato yang saat berkelahi tiba2 mempunyai pukulan yang dahsyat. Lalu ia bertemu dengan siswa sekolah lain yang menyerang teman2nya dengan pisau karter yang muncul dari dalam tubuhnya. Saat itu juga ia bertemu dengan guru barunya di sekolah yang juga ternyata memiliki kekuatan aneh, kekuatan dari tulisan (kata2 tertentu), Yamato diberitahu bahwa kekuatan yang dimiliknya adalah kekuatan "Dewa". setelah itu ia diajak pergi ke tempat yang disebut "Takamagahara" (Tanah Para Dewa). Ia bertemu dengan dua siswa lain dan setelah tiba di Takamagahara, mereka harus belajar di sekolah para pemilik kekuatan dewa tersebut dimana sering terjadi perkelahian untuk menunjukkan kekuatan mereka. Namun sayangnya manga ini berhenti di chapter 17 dengan mengalahkan "Yomi" sebagai lawan Yamato dkk. (manga ini karya Kawai Juuzou)
5. Blazer Drive
        Manga karya Seishi Kishimoto (kembaran Masashi Kishimoto - Naruto) setelah ini bertema tentang kekuatan stiker dimasa depan sebagai bahan bakar atau sumber energi dimana ada banyak elemen disana seperti api, angin, es, chaya dan lain2. Daichi si tokoh utama dapat menggunakan stiker tipe Petir pada tubuhnya, padahal manusia biasa tidak akan bisa melakukannya. Ia diincar organisasi jahat yang akhirnya ia pun melawan mereka bersama dengan organisasi baik, Guardian.
Saya tidak tahu apakah manganya benar2 berhenti atau tidak, namun dari internet saya tidak menemukan kelanjutannya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar